• RAPAT TINDAK LANJUT PENYUSUNAN RENCANA KERJA PERSIAPAN PELAKSANAAN MPM DI KABUPATEN REMBANG

    RAPAT TINDAK LANJUT PENYUSUNAN RENCANA KERJA PERSIAPAN PELAKSANAAN MPM DI KABUPATEN REMBANG

          Sosialisasi MPM DT PPFM dan Subsidi Listrik telah disampaikan kepada seluruh OPD dan Perwakilan Perangkat Desa, menindaklanjuti dari kegiatan sebelumnya dengan mengadakan  Rapat Tindak Lanjut Penyusunan Rencana Kerja Persiapan Pelaksanaan MPM di Kabupaten Rembang. Kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran tentang tahapan dan kebutuhan sumber daya yang akan digunakan dalam pelaksanaan MPM di Kabupaten Rembang. Diskusi dilaksanakan pada tanggal 2 Februari pukul 13.00 di Aula Bappeda Kab. Rembang. Peserta yang menghadiri Dinsos PPKB dan BPS Kabupaten Rembang.

         Diskusi dipimpin oleh Bapak Drs. Drupodo, M.Si., Sekretaris Bappeda Kabupaten Rembang selaku Ketua Sekretariat TKPK Kabupaten Rembang. Rapat penyusunan RTL diawali dengan brainstorming existing condition kelembagaan dan pemanfaatan data penanggulangan kemiskinan di Kab. Rembang:

      1. Perlu memperhatikan perbedaan perilaku yang terjadi di kelurahan dan desa.
      2. Struktur OPD Dinas Sosial berubah menjadi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DinsosPPKB).
      3. Di tingkat kecamatan
        • DinsosPPKB memiliki 14 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)
        • UPPKH memiliki 89 orang pendamping PKH dan 7 orang operator
        • TKSK sudah terbiasa melakukan pendataan. Sampai saat ini TKSK sudah dimanfaatkan untuk keperluan updating data penyandang masalah sosial, verifikasi validasi, maupun PBI JKN.
      4. Di tingkat desa
        • 60% Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) didominasi oleh usia tua
        • Dinas PPKB (versi lama) memiliki 66 orang PLKB yang masing-masing dibantu oleh 5-6 orang Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) maupun Sub PPKBD di tingkat RW, yang didominasi oleh wanita
        • Seluruh desa/kelurahan memiliki Karang Taruna dan Bidan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kabupaten

           Selanjutnya, penyusunan Rencana Pelaksanaan MPM yang sesuai dengan kondisi di Kabupaten Rembang, dipimpin oleh Bapak G. Irwan Suryanto dari Tim TNP2K yang menghasilkan :

    Tahap 1 – PENDAFTARAN 

    Dilaksanakan di desa/kelurahan dengan memanfaatkan Kasi Kesra/Pemerintahan atau dilaksanakan oleh Rukun          Tetangga

    Tahap 2 – Identifikasi Awal

    Dilaksanakan di desa/kelurahan dengan memanfaatkan Kasi Kesra/Pemerintahan

    Tahap 3 – Verifikasi

    • Membentuk (i) tim verifikasi tingkat desa (memanfaatkan PSM, karang taruna, dan PLKB), dan (ii) tim verifikasi tingkat kecamatan (TKSK, PLKB, dan UPPKH) yang berfungsi sebagai supervisor
    • Hanya menggunakan tim verifikasi tingkat desa (memanfaatkan PSM, karang taruna, dan PLKB)

    Tahap 4 – Entry Data

    Data hasil verifikasi (Tahap 3) akan di-entry oleh TKPK (Bappeda) Kab. Rembang, kemudian dikirimkan ke TNP2K untuk proses pemeringkatan ulang.

    Rembang akan mensolidkan rancangan mekanisme updating yang akan digunakan untuk MPM tahap 2 (Juli-Desember) tahun 2017, untuk kemudian dikonsultasikan kembali dengan Tim MPM TNP2K.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream